10 Penemuan Asli Indonesia yang Mendunia! Nomor 4 Sedang Kamu Gunakan!



 Siapa bilang negara kita tercinta Indonesia tidak memiliki penemuan atau inovasi yang hebat dan mendunia? Ternyata sumber daya manusia Indonesia tidak kalah unggul kok dengan negara lain bahkan sejak dahulu kala. Buktinya, ada penemuan asli Indonesia yang sudah mendunia.

Sebetulnya ada banyak sekali penemuan asli Indonesia yang sudah sangat terkenal secara Internasional. Oh iya, penemuan yang Jaka maksud di sini tidak terbatas hanya pada penemuan di bidang teknologi saja, lho!

10 Penemuan Asli Indonesia yang Mendunia

Dari 10 penemuan asli Indonesia yang mendunia ini, Jaka yakin banyak dari kamu yang sering menemui hal ini di dalam keseharian. Penemuan asli Indonesia ini pasti akan membuatmu bangga. Berikut ulasan Jaka mengenai 10 penemuan asli Indonesia yang mendunia:

1. Celengan

10 Penemuan Asli Indonesia Mendunia 1 438a8

Sumber foto: commons.wikimedia.org

Piggy bank atau celengan babi yang biasa kamu miliki di rumah untuk menabung, ternyata peninggalan asli Kerjaan Majapahit, lho! Siapa sangka tempat sehari-hari kita menyimpan uang ternyata penemuan asli Indonesia.

Walaupun para ahli mengatakan bahwa celengan babi kemungkinan tersebar di beberapa beradaban lain, namun salah satu celengan babi tertua yang pernah ditemukan berasal dari Kerajaan Majapahit di Indonesia pada abad XIV

2. Tempe

10 Penemuan Asli Indonesia Mendunia 2 72463

Sumber foto: theculturetrip

Makanan khas masyarakat Indonesia yang satu ini, memang tidak perlu diragukan lagi kepopulerannya di seluruh penjuru Indonesia. Hampir seluruh lapisan masyarakat menyukai tempe sebagai pilihan lauk sehari-hari.

Tapi siapa sangka kalau penemuan masyarakat Indonesia di bidang kuliner ini sudah sangat mendunia! Tempe sudah diakui publik dunia sebagai makanan murah namun memiliki gizi yang sangat tinggi. Bahkan padanan kata bahasa Inggris untuk kata "tempe" adalah 'tempeh" lho guys!

3. Sistem Irigasi Subak

10 Penemuan Asli Indonesia Mendunia 3 5fc6d

Sumber foto: gettyimages

Buat kamu yang mungkin pernah jalan-jalan ke Bali dan melihat undakan sawah bertingkat di sepanjang pedesaan di Bali, pasti pernah melihat Subak ini, deh. Sistem irigasi atau pengairan sawah ini memang asli dari Pulau Dewata tersebut, bahkan sudah diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO

Subak adalah sebuah sistem organisai petani Bali yang khusus mengatur tentang manajemen atau sistem pengairan/irigasi sawah secara tradisional, keberadaan Subak merupakan manifestasi dari filosofi/konsep Tri Hita Karana. Jadi, Subak bukan hanya tentang pengairan tetapi juga tentang penyelarasan antara manusia dan alam.

4. Komponen 4G LTE

10 Penemuan Asli Indonesia Mendunia 4 8d793

Sumber foto: tehnot

Untuk penemuan yang satu ini diciptakan oleh Khoirul Anwar, seorang dosen pengajar ITB. Beliau memiliki hak paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Hak paten ini yang kemudian menjadi salah satu komponen teknologi 4G yang kamu rasakan sekarang.

Sempat ada polemik apakah Khoirul Anwar adalah penemu 4G atau bukan. Namun beliau sudah memberikan penjelasannya bahwa yang ia temukan dan miliki hak patennya adalah salah satu komponenen pembentuk jaringan 4G LTE. Sedangkan 4G sendiri terdiri banyak komponen dan instrumen untuk membentuknya.

5. Arisan

10 Penemuan Asli Indonesia Mendunia 6 93230

Sumber foto: aquila-style

Mungkin kamu agan tergelitik dengan penemuan asli Indonesia yang satu ini. Arisan biasanya identik dengan ibu-ibu atau ajang kumpul bersama dengan keluarga besar yang rutin dilakukan setiap beberapa bulan sekali.

Tetapi, jangan salah guys, banyak ahli yang mengatakan bahwa arisan ternyata lebih dari sekadar budaya melainkan sebuah bentuk sistem ekonomi microfinance. Arisan sendiri berjalan seperti sebuah sistem ekonomi kecil di mana para anggotanya melakukan sistem simpan-pinjam secara bergilir.

6. Rendang

10 Penemuan Asli Indonesia Mendunia 7 D508b

Sumber foto: flickr

Makanan terenak dan terlezat di dunia versi CNN tahun2017 ini sudah tidak perlu diragukan lagi kehebatannya. Makanan khas tanah Minang ini memang mudah membius siapa saja yang pernah mencicipinya. Wajar rasanya bila Rendang menjadi perbincangan dunia.

Rendang menjadi perbincangan dunia setelah berhasil menang dari 35ribu vote dari poling yang dilakukan oleh CNN untuk merangking makanan terenak di dunia. Kita sebagai orang Indonesia patut bangga nih dengan kemahsyuran Rendang!

7. Sepeda Polygon

10 Penemuan Asli Indonesia Mendunia 8 9a7a3

Sumber foto: flowmountainbike

Sepeda merek Polygon yang mungkin kamu miliki di rumah ternyata merupakan penemuan asli dari Indonesia, lho! Polygon sudah mulai memasarkan produknya sejak tahun 1997 di Asia Tenggara. Ciri khas sepeda polygon tentu saja rangkanya yang terbuat dari baja dan alumunium.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun mengelola industri sepeda di dunia, Polygon kini sudah membuka cabangnya di seluruh belahan dunia termasuk Australia, Eropa dan Amerika. Siapa sanggka ternyata perusahaan sebesar Polygon berasal dari Indonesia, ya.

8. Kopi Luwak

10 Penemuan Asli Indonesia Mendunia 9 8dd91

Sumber foto: greenprophet/copyright]

Kopi Luwak atau dalam istilah bahasa Inggris dikenal dengan nama "Cat Poop Coffe atau Civet Cat Coffe" sudah diakui sebagai salah satu jenis kopi termahal yang pernah diproduksi. Satu cangkir Kopi Luwak asli bisa dihargai 500 ribu - 1,5 juta rupiah.

Kopi Luwak mejadi sangat terkenal dan mahal karena prosesnya yang tidak biasa, yaitu biji kopi yang diambil dari sisa pembuangan hewan Luwak. Keterbatasan biji Kopi Luwak tentu membuat harganya melambung namun tetap dicari oleh pecinta kopi.

9. Helm Pendingin




Inovasi yang satu ini diciptakan oleh Linus Nada Pradhana, ia menemukan helm pendingin saat usianya baru menginjak 14 tahun! Linus menyabet medali emas dalam International Exhibition for Young Inventors, di Bangkok, Thailand, pertengahan 2012. Linus unggul dari 261 peserta lainnya pada kompetisi itu.

Teknologi Helm Pendingin yang diciptakan Linus berasal dari gel sodium polyacrylate yang biasa ditemukan di popok bayi, lalu ditempelkan di sekitar helm. Linus dikabarkan sedang mengembangkan helm anti begal yang mungkin banyak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia saat ini.

10. Konstruksi Caker Ayam



Penemuan yang satu ini diciptakan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo pada tahun 1961. Fondasi cakar ayam hampir kita temui di setiap pembangunan konstruksi-konstruksi pembangunan baik dari skala kecil seperti rumah sampai skala besar seperti pembangunan jalan layang di tol.

Penemuan asli Indonesia yang satu ini tentu bisa kita temui sehari-hari. Siapa sangka ternyata penemuan ini memang sangat berguna dalam ilmu teknik sipil karena akan membuat bangunan yang memiliki model fondasi cakar ayam lebih kokoh dan stabil.

AKhir Kata

Demikian pembahasan dari Jaka mengenai 10 penemuan asli Indonesia yang mendunia. Penemuan nomor berapa saja nih yang membuatmu kagum dan bangga sebagai Warga Negara Indonesia? Buat kamu yang masih muda dan kreatif, yuk sama-sama berinovasi dan memajukan Indonesia di mata dunia! Silakan share dan beri komentar kamu, ya guys!

0 Response to "10 Penemuan Asli Indonesia yang Mendunia! Nomor 4 Sedang Kamu Gunakan!"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1