Doa Tahun Baru Islam dan Tujuan Mengamalkannya

 Menyambut tahun baru Islam dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan memanjatkan doa kebaikan. Untuk mengamalkannya, berikut ini artikel singkat tentang doa tahun baru Islam lengkap dengan artinya dan tujuan mengamalkannya.


Doa Tahun Baru Islam Lengkap dengan Terjemahannya

Sistem penanggalan Hijriah yang digunakan dalam Islam menjadikan perbedaan antara tahun baru Masehi dengan tahun baru Hijriah. Cara memperingati perayaan tahunan ini juga berbeda, khususnya bagi umat Muslim. Setiap tanggal 1 Muharram yang diperingati sebagai tahun baru Islam, umat Muslim juga memperingati hari bersejarah dalam Islam.

Dalam buku berjudul Dialektika Islam Dan Budaya Nusantara: dari Negosiasi, Adaptasi Hingga Komodifikasi karya Prof. Dr.Suprapto, M.Ag. (2020:184) dijelaskan tanggal 1 Muharram dijadikan sebagai momen penting bagi umat Islam. Selain merayakan tahun baru Islam dalam sistem penanggalan hijriyah, terdapat beragam peristiwa penting dalam sejarah islam yang terus diperingati setiap tahun.

Sedangkan buku berjudul Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah yang disusun oleh Ida Fitri Shohibah (2012:9) menjelaskan bahwa penetapan bulan Muharram sebagai awal tahun baru kalender Hijriyah adalah hasil musyawarah pada zaman khalifah Umar bin Khattab yang mencanangkan penanggalan Islam, meski sebelumnya melalui perdebatan dan pertimbangan yang cukup alot, namun pada akhirnya bulan Muharram terpilih sebagai bulan awal tahun baru Islam.
Saat peringatan tahun baru Islam tiba, kebanyakan umat Islam, khususnya di Indonesia melakukan berbagai amalan yang bermanfaat, salah satunya doa tahun baru Islam. Amalan ini dilakukan sebagai wujud harapan baik untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik di tahun selanjutnya. Berikut ini bacaan doa tahun baru Islam lengkap dengan terjemahannya:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya: "Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

Itulah bacaan doa tahun baru Islam lengkap dengan terjemahan dan tujuan mengamalkannya dapat Anda jadikan sebagai pengetahuan tambahan khususnya mengenai peringatan tahun baru Islam.

0 Response to "Doa Tahun Baru Islam dan Tujuan Mengamalkannya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1