Tanpa Kita Sadari, Inilah Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal. Kenali Ciri-cirinya Sebelum Terlambat

Salah satu cara untuk mencegah gagal ginjal adalah dengan melihat ciri-ciri yang muncul pada tahap awal. Pengelolaan gejala yang muncul pada tahap awal bisa mencegah terjadinya gagal ginjal.


Gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit kronis yang telah melewati beberapa tahap tertentu. Pada tahap awal biasanya gagal ginjal dimulai dengan kurangnya fungsi ginjal.

Mungkin ginjal hanya berkurang fungsinya sekitar 20 persen saja. Namun karena tidak diperhatikan maka ginjal yang kurang berfungsi bisa menyebabkan kerusakan hingga mencapai 80 persen.

Kondisi inilah yang disebut dengan masalah gagal ginjal. Gagal ginjal berarti juga bahwa ginjal sudah tidak mampu bekerja untuk menyaring semua cairan atau racun di dalam tubuh. Bahkan kondisi gagal ginjal bisa sangat parah karena terjadi akumulasi pada sistem peredaran darah.

Berikut ini ciri-ciri gagal ginjal yang perlu diperhatikan :

1. Perubahan warna dan pola air kencing

Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring semua cairan dalam tubuh dan kemudian akan mengeluarkan lewat saluran kencing. Air kencing adalah zat buangan yang berasal dari tubuh. Ketika ginjal mengalami masalah maka ada beberapa perubahan pola dan warna air kencing, seperti berikut ini.

  • Urin yang keluar memiliki banyak gelembung atau busa kecil hingga berat.
  • Anda tiba-tiba memiliki kebiasaan untuk buang air kecil terutama pada malam hari.
  • Urin yang keluar memiliki warna yang lebih pucat dan terlihat tidak sehat.
  • Anda tiba-tiba memiliki kebiasaan sering buang air kecil dan dalam volume yang kecil.
  • Ada darah yang ditemukan pada urin.
  • Anda merasa seperti tertekan ketika buang air kecil, biasanya seperti rasa ingin mengejang karena ada yang harus dikeluarkan secara paksa.

2. Tubuh sangat lelah

Ginjal memiliki sistem kerja yang memang sudah sangat teratur. Salah satunya adalah ginjal bisa membuat sebuah hormon yang disebut dengan nama eritropoietin.

Ini adalah hormon yang bekerja untuk memberikan sinyal kepada tubuh agar bisa memproduksi sel darah merah. Sel darah merah bekerja untuk metabolisme.

Ketika ginjal gagal dalam membuat hormon ini maka tubuh juga akan kehilangan kemampuan untuk memproduksi sel darah merah. Sehingga anda akan merasa sangat lelah akibat tidak ada sel darah merah yang cukup untuk memproduksi sel darah merah.

Sel darah merah akan menyalurkan oksigen ke beberapa bagian termasuk otot dan otak. Jadi gejala anemia biasanya terjadi pada tahap awal

3. Tubuh bengkak

Ciri awal gagal ginjal adalah tubuh yang akan mengalami pembengkakan. Kondisi bengkak bisa terjadi pada bagian pergelangan kaki, tangan, wajah dan betis. Kondisi ini disebabkan ketika tubuh tidak bisa mengeluarkan semua cairan yang menumpuk dalam tubuh.

Bersamaan dengan ciri selalu ingin buang air kecil dan volume yang sangat sedikit, maka gejala ini bisa menjadi lebih parah. Gejala ini juga sering disertai dengan beberapa tanda seperti rambut yang rontok terus menerus, berat badan yang turun meskipun terlihat lebih gemuk.

4. Bau mulut

Ketika ada banyak racun dan limbah dalam darah dan cairan dalam tubuh maka bisa menyebabkan anda mengalami bau mulut yang tidak sedap. Kondisi inilah yang kemudian akan membuat mulut memproduksi banyak amonia dalam mulut.

Biasanya gejala ini akan menjadi lebih buruk karena bau mulut menyebabkan lidah kehilangan kemampuan untuk mengecap rasa. Kemudian anda mulai tidak menyukai beberapa makanan favorit dan bahkan berat badan akan terus menurun karena nafsu makan yang buruk.

5. Gatal dan muncul ruam kulit

Ginjal memang memiliki fungsi untuk membuang semua racun dalam tubuh. Ketika ginjal memang sudah kehilangan fungsinya maka bisa menyebabkan penumpukan limbah berlebihan dalam darah.

Kondisi ini kemudian akan menjadi lebih parah karena limbah atau racun yang menumpuk menyebabkan gatal di sekujur tubuh dan muncul ruam kemerahan.

Hal ini juga bisa disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan mineral yang membuat jaringan kulit mengalami reaksi. Bahkan rasa gatal bisa dirasakan merasuk hingga ke bagian tulang, kulit yang mudah pecah dan luka yang terus muncul. Gejala ini membuat kondisi tubuh akan semakin melemah yang berarti sudah terlalu banyak racun dalam darah.

6. Gangguan pencernaan (mual dan muntah)

Gangguan pencernaan seperti keinginan untuk mual dan muntah memang akan sering muncul. Gejala ini biasanya disertai dengan bau mulut yang sangat kuat. Gejala bau mulut yang cukup berat bisa menyebabkan mulut menjadi tidak nyaman.

Tubuh penderita akan lebih terasa lemah karena nafsu makan juga akan menurun drastis. Bahkan keinginan muntah bisa bertahan sepanjang waktu hingga sama sekali tidak bisa makan.

7. Meriang 

Tubuh yang terasa meriang akan muncul sepanjang hari pada tahap gejala awal. Kondisi ini disebabkan karena tubuh kekurangan oksigen akibat tubuh yang tidak bisa memproduksi Sel darah merah dalam jumlah yang cukup.

Bagi penderita anemia maka rasa meriang bisa menjadi sangat parah. Rasa meriang bahkan bisa menyebabkan tubuh menggigil sangat kuat, meskipun tubuh sebenarnya demam atau terasa panas di luar. Meriang ini bisa terjadi pada siapa saja yang memang sudah merasakan beberapa gejala awal gagal ginjal.

0 Response to "Tanpa Kita Sadari, Inilah Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal. Kenali Ciri-cirinya Sebelum Terlambat"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1