9 Penyebab Kram Perut di Luar Siklus Haid : dari Hamil, Radang, Keguguran Hingga Kista



9 Penyebab Kram Perut di Luar Siklus Haid : dari Hamil, Radang, Keguguran Hingga Kista


   
Ilustrasi kram perut
kram perut

Kram perut biasa dialami oleh perempuan yang sedang mengalami menstruasi. Tapi kram perut bisa juga terjadi di luar masa haid. Apa saja penyebabnya?

Ada banyak kondisi yang dapat memicu kram perut - dan meskipun banyak yang normal, beberapa mungkin berbahaya dan memerlukan perhatian medis.

Berikut adalah sembilan alasan Anda mungkin mengalami kram saat tidak sedang menstruasi, dan beberapa tip untuk mengetahui apa yang menyebabkan kram Anda.

1. Ovulasi

Kram ovulasi terjadi ketika salah satu ovarium melepaskan sel telur sebagai bagian dari siklus menstruasi bulanan Anda. Sekitar satu dari lima wanita mengalami kram saat mereka berovulasi.

Kram ini biasanya muncul sekitar 14 hari sebelum menstruasi dan bisa terasa seperti nyeri tajam atau nyeri tumpul.

Kram ovulasi biasanya hanya terjadi di satu sisi perut bagian bawah dan dapat berlangsung hanya dalam beberapa menit hingga beberapa hari.

2. Kista ovarium

Kista ovarium adalah kantung kecil berisi cairan yang tumbuh di dalam atau di sepanjang luar ovarium Anda.

Kista ovarium relatif umum, mempengaruhi sekitar satu dari lima wanita di AS, dan yang kecil mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Tetapi kista ovarium yang lebih besar dapat menyebabkan kram hebat di perut bagian bawah, biasanya tepat di sisi tempat kista tumbuh.

Jika Anda mengalami demam atau muntah bersamaan dengan kram, Anda harus segera mencari pertolongan medis.

Ini adalah tanda bahwa kista mungkin telah pecah, yang dapat menyebabkan perdarahan internal.

3. Kehamilan

Selama trimester pertama kehamilan, Anda mungkin mengalami kram yang disebabkan oleh rahim yang membesar.

Pada trimester kedua , Anda mungkin juga mengalami kram saat otot yang menopang rahim meregang. Dalam kebanyakan kasus, kram ini tidak terlalu menyakitkan dan hanya terjadi sesekali.

4. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tertanam di luar rahim Anda, biasanya di saluran tuba Anda.

Kehamilan ektopik adalah jenis keguguran, tetapi tidak seperti kebanyakan keguguran, Anda memerlukan pengobatan atau pembedahan khusus untuk menghilangkan kehamilan.

Kehamilan ektopik dapat menyebabkan kram yang intens dan menyakitkan bersama dengan gejala lainnya.

Kehamilan ektopik mungkin melibatkan pendarahan vagina yang berat, sakit perut yang parah, pusing, dan pusing.

5. Keguguran

Keguguran terjadi ketika Anda kehilangan kehamilan sebelum mencapai usia 20 minggu.

Satu dari lima kehamilan berakhir dengan keguguran, dan seringkali, Anda akan mengalami kram yang menyakitkan. Kram keguguran dapat berlangsung hanya dalam waktu singkat, tetapi dalam beberapa kasus dapat meregang selama berjam-jam.

Keguguran ini umumnya dapat menyebabkan kram panggul bagian bawah.

Mungkin ada bercak atau pendarahan yang menyertainya. Tanda lain dari keguguran adalah jika Anda mengeluarkan cairan dan jaringan dari vagina Anda.

6. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul (PID) terjadi ketika Anda mengalami infeksi pada organ reproduksi Anda, termasuk ovarium, rahim, atau vagina. PID sering kali disebabkan oleh infeksi menular seksual seperti gonore atau klamidia.

PID dapat menyebabkan kram yang menyakitkan, tetapi seringkali juga terdapat gejala lain, seperti demam, keluarnya cairan berbau tidak sedap, dan rasa panas saat buang air kecil.

7. Penyakit radang usus

Penyakit radang usus (IBD) adalah kondisi kronis yang menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan Anda. IBD mempersulit Anda untuk mencerna makanan dan, dalam beberapa kasus, dapat memicu pendarahan berbahaya di usus Anda.

IBD dapat menyebabkan nyeri dan kram di perut Anda, terutama setelah makan, tetapi bisa juga disertai gejala seperti diare dan tinja berdarah. Dalam banyak kasus, IBD juga dapat membuat Anda kehilangan nafsu makan, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

8. Endometriosis

Endometriosis adalah kelainan kronis di mana jaringan ekstra tumbuh di luar rahim, ovarium, atau organ terdekat lainnya. Jaringan ekstra ini dapat menyebabkan rasa sakit dan kram yang luar biasa, terutama selama menstruasi atau saat berhubungan seks.

Tanda-tanda lain dari endometriosis adalah menstruasi yang sangat berat serta pendarahan di antara periode Anda. Anda mungkin juga merasakan nyeri saat buang air kecil atau saat buang air besar.

9. Apendisitis

Apendisitis adalah kondisi serius di mana usus buntu Anda tiba-tiba meradang, seringkali karena infeksi.

Radang usus buntu bisa berbahaya - jika Anda tidak mendapatkan perawatan segera untuk mengangkat usus buntu Anda, itu bisa pecah dan menyebabkan infeksi yang meluas atau bahkan kematian.

Apendisitis biasanya melibatkan nyeri kuadran kanan bawah, kurang nafsu makan, dan demam.

Nyeri usus buntu mungkin awalnya terasa seperti sakit perut biasa, tetapi tidak kunjung sembuh dan akan semakin parah sampai Anda mendapatkan pengobatan.

Ada berbagai alasan mengapa Anda mengalami kram perut dan dalam banyak kasus, tidak ada hal serius yang perlu dikhawatirkan.

Tetapi jika Anda mengalami nyeri yang terasa tidak biasa atau mengkhawatirkan, sebaiknya hubungi dokter Anda untuk memastikan tidak ada masalah medis yang serius.

Dweck mengatakan Anda harus menghubungi dokter Anda jika Anda mengalami nyeri yang parah atau tidak biasa, terutama jika Anda sedang hamil. 

0 Response to "9 Penyebab Kram Perut di Luar Siklus Haid : dari Hamil, Radang, Keguguran Hingga Kista"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1