Gemuk Itu Seperti Penyakit Menular: Anda akan Gemuk Jika Dikelilingi Orang Gemuk

Gemuk Itu Seperti Penyakit Menular: Anda akan Gemuk Jika Dikelilingi Orang Gemuk

Gemuk Itu Seperti Penyakit Menular: Anda akan Gemuk Jika Dikelilingi Orang Gemuk

Mungkin Anda perlu merenungkan hasil studi terbaru ini. Peneliti menyatakan, obesitas seharusnya dikategorikan sebagai penyakit menular.
Peneliti menyatakan hal tersebut sebab secara statistik, epidemi obesitas mirip dengan penyebaran penyakit menular.

Menurut peneliti, saat berada di sekeliling orang obesitas, kita berisiko meningkatkan indeks massa tubuh kita (BMI).

Bukti tersebut didapatkan dari sebuah studi di pangkalan militer Amerika Serikat di mana obesitas "menular" pada orangtua maupun anak-anak.

Ashlesha Datar dari Universitas Southern California dan Nancy Nicosia dari RAND Corporation meneliti data milik Military Teenagers' Environments, Exercise, and Nutrition Study (M-Teens).

Data berasal dari 1.111 remaja dan 1.300 orang tua yang pernah tinggal di salah satu dari 12 pangkalan militer di Amerika Serikat.
Angka kejadian obesitas bervariasi dan merata di seluruh pangkalan, antara 21 persen di El Paso County, Colorado sampai 38 persen di Vernon County, Louisiana.

Pengukuran BMI pada orang tua dan remaja menunjukan sekitar seperempat remaja dan tiga perempat orang dewasa dikategorikan mengalami kelebihan berat badan.
Peneliti menemukan, anggota keluarga militer akan memiliki BMI lebih tinggi saat ditugaskan ke pangkalan militer dengan tingkat obesitas yang lebih tinggi.

Lingkungan budaya tempat pangkalan berada atau ikatan sosial dengan keluarga di luar pangkalan militer juga mempengaruhi.
Remaja yang tinggal di sekitar pangkalan selama lebih dari 2 tahun juga cenderung memiliki BMI lebih tinggi.

Makalah yang terbit di JAMA Pediatrics, mengungkapkan bahwa penelitian di pangkalan militer ini menjadi cara cerdas untuk mengatasi masalah seleksi subyek penelitian tentang penularan obesitas yang sering ditemui peneliti.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa lingkaran sosial kita berperan kuat dalam menentukan kebiasaan hidup sehat atau tidak sehat, serta menunjukkan cara meningkatkan kesehatan masyarakat kita.

0 Response to "Gemuk Itu Seperti Penyakit Menular: Anda akan Gemuk Jika Dikelilingi Orang Gemuk"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1