Resep Keripik Tempe Goreng. Kriuknya Lembut Dan Awet

Keripik tempe jadi salah satu makanan yang udah lama ada di Indonesia, bisa dikatakan juga sebagai makanan khas dari Indonesia. Keripik tempeini sejenis makanan yang terbuat dari bahan tempe, kemudian diiris tipis dan digoreng dengan menggunakan tepung yang udah diberikan bumbu nih Bunda.
Rasanya yang asin dan aroma bawangnya yang gurih sering bikin camilan ini banyak disukai. Biasanya makanan ini gampang banget dicari di sekitar pulau Jawa dan sering juga kok dibuat sebagai oleh-oleh oleh para wisatawan. Nah, Bunda bisa coba bikin resep keripik tempe renyah yang tahan lama di rumah.
Kalau bikin keripik tempe yang tahan ini bisa disajikan untuk waktu kumpul sama keluarga nih Bunda. Jadi bikin yang banyak dan taruh di toples, nanti bisa dimakan selama beberapa kali tanpa harus bikin lagi. Enggak cuma bisa dimakan waktu ngumpul sama keluarga aja loh, bahkan Bunda juga bisa kok jadiin resep keripik tempe renyah tahan lama ini buat sajian lebaran. Pasti banyak yang suka karena rasanya yang asin dan renyah bakaan bikin ketagihan Bunda. Kalau banyak yang suka, bisa juga dibuat lahan bisnis dengan menerima pesanan secara online. Lumayan untuk menambah penghasilan Bunda tanpa harus meninggalkan rumah dan meninggalkan keluarga kan.
Bahan-bahan yang digunakan buat bikin keripik tempe ini sebenarnya enggak susah kok Bunda dan gampang banget dicari di sekitar kita. Terus langkah bikinnya juga sangat simpel, enggak akan makan waktu yang lama. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep keripik tempe renyah sendiri di rumah yang bisa dicoba sama Bunda.
Bahan-bahan:
  • 15 sdm tepung beras [ setara dengan 250 gr ]
  • 7 sdm tepung tapioka [setara dengan 125 gr]
  • 2 Papan tempe super [tekstur padat]
  • 1 butir telur utuh [bisa diskip]
  • 1 Bungkus Royco atau kaldu
  • sesuai selera Garam
  • Air sekitar 300-350 ml [kalau tidak menggunkan telur, volume air ditambah sekitar 100 ml]
  • secukupnya Minyak untuk goreng
Bumbu Yang dihaluskan
  • 3 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 Ruas kencur
  • 2-3 buah kemiri
Langkah Membuat:
1. Iris tipis tempe. Agar tipis, cara mengirisnya dengan diseset pakai pisau yang tajam. Satu papan tempe bisa jadi 30-32 tempe. Sesuai ketebalan dan ukuran sih ya.. Kalau tante aku yang ngiris, 1 papan tempe bahkan bisa dapet 40 irisan. Sisihkan
2. Campur semua bahan dan bumbu halus juga air, aduk hingga rata. Pastikan tekstur adonan tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental. Apalagi jika tidak menggunakan telur, sebaiknya lebih encer dikit yah. Jadi hasilnya kriuk dan tidak keras.
3. Lalu celupkan irisan tempe satu persatu kedalam adonan tepung dan goreng dalam minyak panas, aduk bolak balik hingga kuning keemasan dan angkat
4. Setelah dingin masukan toples atau kemas sesuai selera
5. TIPS DAN TRIK: kalau mau hasil tempe yang super renyah dan kesat [tak berminyak]. Setelah digoreng, ketika tempe sudah dingin kita bisa mengovennya sebentar dengan suhu rendah. Kalau saya, caranya dengan dioven di suhu 100 dercel, pake api atas bawah selama 20 menit. Hasilnya tempe jadi garing kriuk, ngeprul. Dan kalau sudah dingin, tempe bisa dikemas rapat. Awet 2-3 bulan. Karena selama ditutup rapat tekstur tempe tetap kriuk.
6. Ingat, kualitas tempe juga berpengaruh pada hasil tempe goreng yah. Karena itu, pastikan menggunakan tempe kualitas bagus, yang padat dan matangnya pas.
7. Penggunaan air takarannya sekitar 300-350 ml itu kalau mau kental ya cukup 300 ml maka tekstur tepung tempe jadi tebal.. kalau mau tipis-tipis saja maka gunakan air sebanyak 350 ml. Intinya sesuai selera ya.
8. Perbandingan tepung beras dan tepung tapioka itu 2:1 ya jadi kalau tepung berasnya 200 gr maka tepung tapiokanya cukup 100 gr. Jadi mudah diingat atau dikonversi.
9. Penggunaan telur dalam resep ini bisa diskip atau dilewatkan karena emang hasilnya juga gak terlalu beda jauh ya. Kalau yang pake telur renyahnya sedikit empuk, nah kalau yang gak pake telur renyahnya itu garing. Tapi sama2 enak.. Syaya suka yg pake telur karena pertimbangan punya anak kecil aja sih.. Jadi biar makin banyak nutrisinya gitu. Kalau misal mau dijual dan ingin menekan biaya produksi, penggunaan telur bisa dilewatkan.
10. Dan yang harus dicatat, kalau tidak menggunakan telur, tekstur adonan gak boleh terlalu kental ya.. ntar bisa-bisa keras dan alot hasilnya. Jadi pastikan adonan lumayan encer, sedikit mirip dengan adona peyek.
11. Pastikan tempe goreng yang sudah digoreng dan didinginkan, disimpan di wadah tertutup. Karena kalau dibiarkan di tempat terbuka, tekstur tempe akan jadi mlempem dan tidak renyah lagi.
12. Penggunaan tepung tapioka bisa diganti dengan tepung sagu ya guys.. Hasilnya tempe lebih lembut kriuknya, hanya saja untuk warnanya tempe goreng terlihat lebih cokelat ya, jadi tidak bisa kuning cantik seperti menggunakan tepung tapioka. So the choice is in yours..
Nah, itulah beberapa bahan yang digunakan untuk membuat resep keripik tempe renyah tahan lama di rumah. Sederhana dan enggak ribet kan Bunda? Takaran porsi dan rasa bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga selera Bunda ya, jadi bahan yang udah ada bisa ditambah ataupun di kurang. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat.
Sumber:modern.id

0 Response to "Resep Keripik Tempe Goreng. Kriuknya Lembut Dan Awet "

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1