Penyebab Dan Cara Mengatasi Pusing Karena Kehujanan

Pusing Karena Kehujanan

PENGETAHUAN - Timbul banyak pertanyaan, kenapa setelah kehujanan dapat membuat seseorang merasakan pusing atau bahkan deman ? Padahal jika diperhatikan air hujan tidak jauh berbeda dengan air kran atau air pada umumnya. Apakah air hujan mengandung zat berbahaya sehingga memyebabkan pusing bahkan demam ?

Sebenarnya saat musim hujan tiba cuaca di sekitar berubah menjadi dingin. Pada saat cuaca berubah menjadi dingin bakteri dan virus akan mudah menyebar ke segala penjuru, sehingga membuat seseorang menjadi lebih mudah terserang sakit yang diakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Dan pada saat kehujanan tubuh akan berusaha semaksimal mungkin mengeluarkan energi yang sangat besar untuk mengatasi rasa dingin. Air hujan membuat suhu tubuh menjadi dingin, terutama di area kepala sehingga akhirnya di rasakan pusing seketika. Selain itu air hujan juga mengandung senyawa yang bersifat keasaman, maka dari itu walaupun terkena hujan rintik-rintik saja akan tetap dapat merasakan pusing.

Hal lain yang dapat terjadi karena kehujanan adalah badan yang berjamur dan gatal-gatal, yang terjadi karena pakaian lembab dan tubuh basah setelah terkena hujan. Meski demikian, tidak semua hujan bisa menimbulkan penyakit. Tempat jatuhnya hujan tersebut akan mempengaruhi kesehatan dari hujan itu sendiri. Hujan di gunung tidak akan menimbulkan masalah seperti hujan yang terjadi di kota. Hal ini karena hujan di kota biasanya adalah hujan asam, yang terjadi karena polusi. Kalau di daerah pegunungan, hujan masih sangat murni karena bebas terkontaminasi polusi.
Hujan asam tidak hanya akan menimbulkan flu, jamur dan gatal-gatal, tetapi juga bisa memberi efek buruk pada pernapasan dan kulit. Sehingga bisa membuat kulit iritasi dan membuat pernafasan bermasalah. 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dampak buruk dari air hujan :
  1. Jika rambut terkena air hujan, segera bilas dengan air bersih. Cara ini akan membuang berbagai zat dan gas yang bersifat asam.
  2. Jika pakaian basah, segera lepaskan, keringkan tubuh dan ganti dengan yang kering. Cara ini akan membantu agar tubuh tidak semakin dingin, menghindari masalah kulit dan menjaga imunitas tubuh.
  3. Jika ternyata hujan membuat pusing, bisa mengatasi dengan mandi air hangat atau minum obat penghilang rasa sakit atau obat analgetik.
  4. Terakhir, sebaiknya mendapatkan istirahat yang cukup dan jangan lupa mengkonsumsi suplemen agar imunitas tubuh bisa kembali.



Tag : Pengetahuan
1 Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Pusing Karena Kehujanan"

Buat ane yang sering sakit kepala krena hujan,... ini sungguh berguna gan... thanks ya

Back To Top