Tips Agar Berhenti Merokok


Berhenti Merokok
KESEHATAN - Sekarang sudah tidak jarang lagi banyak orang yang kembali pada gaya hidup lama dengan jumlah rokok yang mungkin dapat lebih banyak lagi yang dihisap. Sebagian orang telah mencoba berbagai cara berhenti merokok berkali-kali, namun tidak berhasil. 

Hal ini karena banyak godaan untuk merokok, terutama faktor lingkungan sekitar seperti teman-teman dapat menyulitkan untuk berhenti merokok dan bahkan tidak jarang untuk kembali menjadi seorang perokok. Buat kalian yang ingin berhenti merokok, berikut adalah tips buat kalian agar berhenti merokok:

1. Tekad Batin yang Kuat

Pertimbangkan terlebih dahulu untuk membuat sebuah daftar alasan berhenti merokok untuk bertujuan menopang tekad. Alasan spesifik, saat ini seperti untuk membuat hidup yang lebih baik dan berbagai alasan-alasan untuk berhenti merokok pada masa mendatang. Dapatkan juga beberapa fakta sejarah di balik rokok dan apa yang terjadi pada pecandu perokok di kemudian hari yang dapat Anda cari di internet. Hal ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan dari industri rokok tersebut dan berbagai alasan medis yang mengerikan tentang menghisap rokok.

2. Berpikir Positif

Berpikir positif dan yakin untuk berhasil berhenti merokok. Telah banyak waktu serta energi untuk merencanakan bagaimana berurusan untuk mengikuti cara berhenti merokok. Percayalah bahwa mampu bertahan sampai benar-benar berhenti merokok. Berikan sebuah penghargaan tersendiri pada diri sendiri ketika uang yang biasanya digunakan untuk rokok ini dan sekarang digunakan untuk membeli sebuah benda-benda kesukaan.

3. Atur Target Waktu

Berhenti merokok tidak dapat langsung berhenti dengan begitu saja, itu mungkin akan menjadi sangat sulit untuk dilakukan dan akan terasa menyiksa. Dengan mengurangi sedikit demi sedikit, namun juga diharuskan untuk menentukan waktu untuk berhenti merokok. Pasang target waktu mungkin dapat sekitar antara 2 sampai 3 minggu untuk dapat berhenti merokok. Cara berhenti merokok ini mungkin sangat efektif.

4. Dukungan Dari Teman serta Keluarga

Agar proses berhenti merokok dapat berjalan dengan lancar, mintalah bantuan dari teman dan keluarga untuk mengingatkan agar tidak merokok. Selain keluarga peran teman-teman terdekat anda juga dapat membantu usaha anda untuk berhenti merokok.

5. Tidur Lebih Banyak

Cobalah untuk tidur lebih banyak dari biasanya. Hal ini bertujuan karena tubuh serta jiwa akan menjadi lebih lelah karena terdapat tekanan untuk berhenti merokok sehingga hal ini membutuhkan istirahat yang lebih banyak. Selain itu, jam tidur adalah saat dimana tidak berpikir untuk merokok.

6. Mulai dengan Cara Mudah

Rekamlah dalam kondisi apa Anda sedang merokok seperti saat bosan, kesepian, cemas, dan sebagainya. Beri nilai 0 sampai dengan 5 dan kriteria nilai 0 adalah “seperti kereta api” serta kriteria nilai 5 adalah “hanya jika diperlukan”. Cari pada diri sendiri saat Anda seperti apa sedang merokok serta kriteria “seperti kereta api". Buatlah upaya dengan bagaimana caranya untuk memulai berhenti merokok bertahap. Cara ini merupakan salah satu awal yang baik dan meningkatkan kepercayaan diri untuk tetap melanjutkan tahap-tahap selanjutnya untuk cara berhenti merokok.

7. Cari Kegiatan yang Menyibukkan

Salah satu cara berhenti merokok dapat dengan cara mencari kegiatan yang menyibukkan. Hindari terjebak dalam kesendirian, hal ini mungkin dapat menimbulkan keinginan untuk merokok lagi. Cari sebuah kegiatan yang dapat membuat lupa untuk merokok seperti bersepeda, bekerja, berolahraga, dll. Dengan aktifitas yang banyak dan mungkin terlalu padat tersebut, maka waktu akan membuat keinginan untuk semakin melupakan rokok karena tidak ada cukup waktu melakukan itu.

8. Kunjungi Tempat Tanpa Asap Rokok

Dengan mencoba menghabiskan waktu berjam-jam di tempat yang tidak diperbolehkan merokok, seperti tempat perpustakaan, toko buku, dan sebagainya. Apabila sedang mengunjungi suatu tempat bersama teman-teman, pilihlah tempat yang non-smoking area.

9. Minum Air Putih yang Banyak

Cobalah untuk minum air putih yang lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini karena air bermanfaat untuk membantu dalam menghilangkan berbagai racun yang ditimbulkan dari merokok yang telah terakumulasi dalam tubuh dan sekaligus dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

10. Hindari Kebiasaan yang Membuat Ingin Merokok

Hindari kopi, alkohol, acara malam, dan sebagainya yang biasanya dapat membuat keinginan untuk merokok. Lawan godaan tersebut serta cobalah untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti produk olahan susu, buah-buahan dan sebagainya. Selain itu hindari juga kebiasaan yang biasanya sering dikombinasikan dengan merokok seperti pada saat menonton televisi, bermain game, membaca, dan sebagainya.

11. Cari Pengganti Rokok

Apabila dalam beberapa hari pertama gagal untuk berhenti merokok, cobalah untuk menggunakan pengganti rokok, seperti : permen karet. Ini dapat membantu menyingkirkan kebiasaan mencari rokok yang akhirnya dapat membantu berhenti merokok.

12. Merokok Secara Sadar

Merokok secara sadar maksudnya adalah ketika sedang merokok, coba katakanlah terhadap diri Anda sendiri “sekarang saya akan merokok”. Cara seperti ini mungkin dapat bisa membantu melepas rokok secara perlahan. Menyadari merokok dan dalam jangka waktu yang panjang akan membantu mengatasi masalah “merokok tanpa sadar".

13. Mencoba Akupuntur

Akupunktur dapat menjadi sebuah metode alami dalam pengobatan ketergantungan terhadap nikotin dan tanpa rasa sakit serta aman. Akupunktur dapat mengurangi intensitas gejala seperti tekanan psikologis, perasaan cemas, depresi, dan sebagainya yang diakibatkan karena penggunaan nikotin. Akupunktur juga dapat meningkatkan vitalitas serta kesuburan dan dapat membantu otak berpikir lebih jernih.

14. Sibukkan Diri Setelah Makan

Banyak para pecandu rokok yang bahkan setelah makan mereka sering menghisap rokok, namun jika sudah bertekad kuat untuk berhenti merokok, Anda harus benar–benar berhenti. Menghilangkan kebiasaan seperti itu dapat dengan cara setelah makan langsung menggosok gigi dan sebaginya. Dengan melakukan cara itu dapat melupakan keinginan merokok setelah makan. Meskipun cara ini agak berat, jika sudah bertekad kuat dan melakukan dengan rutin secara bertahap mungkin akan terbiasa.

15. Konsultasi dengan Dokter

Bertanyalah kepada dokter atau ahli kesehatan mengenai bagaiman cara berhenti merokok. Terkadang dokter atau ahli kesehatan memiliki sebuah resep yang dapat menghilangkan ketergantungan terhadap nikotin yang terkandung dalam rokok.


Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Tips Agar Berhenti Merokok "

Back To Top